Selasa, 16 April 2013

Mengatasi Sikap Malas dan Menunda-Nunda

source completeyourdesertation.com




Jika bisa dilakukan sekarang mengapa harus menunggu besok? Pertanyaan tersebut tentu sudah sering kita dengar, baik dari atasan kita, dari pelanggan kita, maupun dari diri kita sendiri. Kita semua sering mengalami perasaan malas dan melakukan penundaan pekerjaan. Saat di mana kita merasa menemukan jalan buntu atau pun karena kita yang tidak ingin bergerak maju. Begitu pun dalam hal make money blogging. Kita sering dihadapkan pada kendala malas menulis, malas atau menunda membuat blog, menunda membeli domain, dan semacamnya.
Ada beberapa alasan perasaan ini muncul, dan salah satu yang utama adalah ketakutan. Kita takut gagal atau bahkan ironisnya kita takut sukses. Kita takut kehilangan uang $10 untuk membeli domain 1 tahun sementara kita menghabiskan biaya internet lebih dari $10 per bulan. Atau yang paling sering adalah kita takut apa yang orang lain pikirkan atau katakan. Hanya dengan mengatasi perasaan takut ini kita bisa menemukan bahwa kita telah kehilangan sedikit kesempatan dan waktu tapi kita masih mampu bergerak maju dan mengatasi perasaan malas dan menunda-nunda ini.
Lalu bagaimana kita bisa mengatasi perasaan takut? Langkah pertama adalah menghilangkan perasaan khawatir dengan berpikir lebih jernih dan menganalisis apa yang kita pikirkan sehingga kita merasa takut. Tanya diri kita sendiri kenapa kita takut dan bayangkan bahwa itu hanya pikiran-pikiran kita yang terbatas, terkungkung oleh hal-hal yang negatif. Contohnya kita takut membuat blog karena kita khawatir blog kita tidak akan dikunjungi siapa pun. Langkah berikutnya adalah membayangkan hal-hal yang positif sebagai kebalikan dari rasa takut tersebut dan coba keluar dari pembatas tersebut. Misalnya, bayangkan apa keuntungannya kalau blog kita malah banyak dikunjungi orang.
Cara yang lain adalah dengan berhenti menyesali diri. Terkadang kita berhenti bergerak maju karena kita merasa bersalah pada diri sendiri terhadap sesuatu. Berhentilah menyesali diri karena masa lalu adalah sejarah, saat ini adalah hadiah, dan masa depan adalah anugrah. Kita semua pernah melakukan kesalahan. Jangan karena kita pernah salah membeli domain kemudian kita berhenti ngeblog dan tidak mau memulai lagi.
Alasan yang lain kita merasa malas dan melakukan penundaan adalah karena kita merasa suatu pekerjaan terlalu besar untuk kita lakukan. Sering kali kita terhenti karena merasa ibarat menghadapi sebuah gunung yang terlalu tinggi untuk didaki, padahal seberapa tinggi pun sebuah gunung pasti bisa kita daki. Misalnya kita merasa membuat blog membutuhkan keahlian yang banyak, harus memahami bahasa php, harus mengerti bahasa inggris, dan semacamnya. Padahal seberapa besar pun pekerjaan itu, bisa kita hadapi. Caranya hanya dengan memperkecil gunung tersebut, pekerjaan tersebut, menjadi gunung-gunung yang lebih kecil, langkah-langkah yang lebih pendek yang mampu kita jangkau. Bukankah perjalanan 1 km ditempuh dengan 1 langkah kecil yang kuranng dari 1 meter? Dengan membagi target pekerjaan kita yang terasa besar menjadi target-target yang lebih kecil yang dapat kita tempuh, suatu saat target besar tersebut akan terpenuhi. Misalnya kita bisa mulai membuat blog gratisan di wordpress atau blogspot sebagai langkah kecil kita dalam make money blogging.
Sebelum kita lanjutkan, kita kembali lagi ke pertanyaan awal tadi. Jika bisa dilakukan sekarang mengapa harus menunggu besok? Jika bukan sekarang, kapan lagi? Benamkan pertanyaan ini dalam hati kita.
Alasan lain yang banyak orang tidak sadar adalah sering kali kita sudah bergerak maju namun tidak terlihat mengalami kemajuan. Mengapa? Karena kita terlalu fokus pada sesuatu yang tidak penting. Kita merasa tidak mengalami kemajuan setelah mencoba bergerak maju sehingga kita menganggap suatu pekerjaan terlalu besar, Padahal kita terlalu fokus pada detail pekerjaan tersebut sementara hal itu tidak penting. Karena itu sebelum memulai kita harus menentukan mana yang sangat penting, penting, kurang penting dan tidak penting. Optimasi blog dengan optimasi on page SEO themes blog bisa kita kategorikan sangat penting, namun mempercantik blog bisa kita kategorikan kurang penting. Jangan sampai waktu kita hanya habis untuk mempercantik blog.
Setelah mengetahui mana yang penting dan tidak penting, kita bisa membuat daftar apa yang harus dilakukan dan menentukan prioritas mana yang harus dilakukan terlebih dahulu. Yang terakhir adalah tentukan waktu dan konsisten terhadap jadwal yang telah kita tetapkan.

Kesimpulan

Untuk menghadapi perasaan malas dan menunda-nunda, ada lima langkah tips yang bisa kita terapkan:
  1. Hilangkan ketakutan kita yang menjadi penghambat kemajuan.
  2. Perkecil target dan langkah besar yang ingin kita capai.
  3. Tentukan mana target dan langkah yang tidak penting, penting, dan paling penting. Dan khawatirkan hanya yang paling penting.
  4. Tentukan prioritas mana yang harus kita kerjakan terlebih dahulu.
  5. Buat jadwal berupa action plan apa dan kapan harus kita lakukan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar